266 Peserta Didik MIN 14 Al-Azhar Asy-Syarif Ikuti Wisuda Tahfidz Al-Qur'an Tahun 2023

Jakarta (Humas MIN 14) --- Sejumlah 266 peserta didik MIN 14 Al-Azhar Asy-Syarif atau akrab dengan panggilan MINASI, kamis kemarin diberikan penghargaan dalam kegiatan Wisuda Tahfidz dan Pentas Seni MINASI 2023. (26/1)

Kegiatan Wisuda Tahidz Al-Qur'an dan Pentas Seni yang dikomandoi oleh Ridang Wahyuni, salah seorang tenaga pendidik MIN 14 ini, merupakan kegiatan rutin tahunan, namun baru dua tahun ini kembali terselenggara karena kondisi Covid-19, untuk memberikan apresiasi bagi peserta didik dalam bidang tahfidz dan eskul.

Tampak hadir, dalam Kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 06.30 - 12.30 WIB di lapangan futsal MTsN 41 Al-Azhar Asy-Syarif ini, kepala kantor Kementerian Agama Jakarta Selatan, Nur Fawaiduddin, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Triisnadian, Kepala madrasah, Ru'yat Ismail, beserta para koordinator MIN 14, Pengawas madrasah, Yun Yun Yunadi, dan Endang Dwi Haryanti, ketua komite madrasah periode baru, Irham Ramdani, ketua komite madrasah periode sebelumnya, Arsidik, perwakilan dari MTsN 41 Al-Azhar Asy-Syarif  dan Madrasah Aliyah Al-Azhar Asy-Syarif, dan para tenaga pendidik dan kependidikan MIN 14 Al-Azhar Asy-Syarif.

Mengawali sambutannya, Ketua Komite mengatakan bahwa kegiatan wisuda tahfidz ini diselenggarakan dalam rangka membarikan motivasi kepada peserta didik yang telah beusaha dan berjuang dalam menghafal Al-Quran yang menjadi keunggulan dan khas madrasah ini.

"kegiatan seperti ini perlu terus dipertahankan bahkan terus dikembangkan, agar anak-anak termotivasi dalam menghafal Al-Qur'an." Tambahnya, ketua Komite lama, Arsidik.

Begitu juga yang disampaikan oleh ketua komite baru, Irham Ramdani, beliau mengatakan bahwa pendidikan agama harus ditanamkan sejak dini mungkin.

"dengan bekal agama dan ayat-ayat Al-Qur'an yang dibaca dan dihafalnya, semoga menjadi bekal mereka dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan." Harap Ketua komite yang baru terpilih pada tgl 13 Januari 2023.

Acara yang disertai dengan Bazar kuliner yang motori oleh kordinator kelas 6 dan pergelaran produk-produk hasil karya Peserta didik MINASI, berupa Kaligrafi, Lukisan, Robotik dan Gambar Desain Canva ini, berjalan dengan lancar dan meriah. 

Kepala Madrasah MIN Al-Azhar Asy-Syarif, Ru'yat Ismail di hadapan para Pejabat Kemenag Kota Jakarta Selatan dan para peserta wisudawan, mengatakan bahwa acara wisuda tahfidz Hafalan yang sudah tahun pakem ini, tidak lain adalah untuk terus memberikan motivasi dan suport kepada anak-anak yang akan menjadi penerus meminpin bangasa dan agama ini.

"kegiatan ini terselenggara untuk memberikan semangat dan penghargaan kepada para presta didik khususnya dalam bidang tahfidz Al-Qur'an yang sudah dua tahun terlewatkan, sehingga mereka kelak menjadi penerus bangsa dan agama. " Jelas Kepala MINASI

Sebanyak 266 peserta didik MIN 14 Al-Azhar Asy-Syarif yang melaksanakan wisuda tahfidz berasal dari kelas I - VI dengan jumlah juz yang telah disertifikasi sebanyak 460 juz. Dan sebanyak 25 peserta didik mendapatkan penghargaan atas prestasinya yang telah melaksanakan uji public 5 juz.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Jakarta Selatan mengatakan dalam sambutannya bahwa madrasah harus menjadi contoh dalam mengamalkan Al-Qur'an dan terus berinovasi dalam mengembangkan pendidikan Islam. Berakhak dengan Al-Qur'an menjadi sebuah keniscayaan dan kewajiban bagi kita semua dimanapun berada.

"Mudah mudahan acara ini menginspirasi bahwa dengan kegiatan ini, madrasah harus menjadi contoh, menjadi sebuah innovasi yang harus terus dikembangkan karena menjadi keniscayaan dan kewajiban tentang akhlak al-Qur,an akan tertanam di diri kalian. Dimanapun kamu berada akhlak Al-qur'an akan tertanam.” Harap Kepala Kantor di hadapan para peserta wisudawan MIN 14

Pada kegiatan wisuda tahfidz dan pentas seni ini beberapa ekstrakurikuler ditampilkan di panggung yaitu ekstrakurikuler tilawah, marawis, angklung, pidato bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris, pramuka, pencak silat, story telling, pramuka, dan tari saman. Juga terdapat penampilan karya ekstrakurikuler robotik, menggambar, mewarnai, kaligrafi, dan desain canva.

Komentari Tulisan Ini
-->